PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 SAMARINDA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA
Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Samarinda Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Didimus Tanah Boleng, M. Kes selaku pembombing I dan Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media poster pada materi Biologi di kelas VII SMP Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group. Sampel penelitian adalah kelas VII D berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media poster efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 11 Samarinda tahun pelajaran 2023/2024, dengan taraf signifikansi 0,000, dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 68,3 sedangkan nilai ratarata kelompok kontrol sebesar 63,2.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 SAMARINDA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA |
---|---|
Pengarang | Novia Rahmawati Ananda - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NOV p 2023 |
Subyek | Ekologi Hasil Belajar Media Poster Model Pembelajaran Think Pair Share Keanekaragam Hayati |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN BIOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY