Detail Cantuman Kembali
EVA SUSANTI - Personal Name

STUDI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DI DESA KOTA BANGUN SEBERANG KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh manakah kehidupan sosial ekonomi nelayan di Desa Kota Bangun Seberang Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.
Penelitian ini dilaksanakan selama 1 (satu) bulan mulai 1 Februari - 29 Februari 2008 di Desa Kota Bangun Seberang Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus dengan jumlah responden 50 orang yang dijadikan sebagai responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat interaksi sosial yang terjadi antara nelayan dan masyarakat Desa Kota Bangun Seberang yaitu kerja sama dalam gotong royong dalam kehidupan sehari hari seperti acara hajatan perkawinan, sunatan, serta keterlibatan dalam Lembaga Sosial misalnya Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD), dan Lembaga Keagamaan yang ada di desa mereka.
Selanjutnya, dari segi ekonomi, hasil tangkapan ikan nelayan sebesar 16,170 Kg atau rata-rata 322 Kg/ responden dalam satu bulan, rata-rata penerimaan sebesar Rp 1,913,000/ responden dan rata-rata pendapatan nelayan per bulan adalah sebesar Rp. 908.354. Permasalahan yang dihadapi nelayan Desa Kota Bangun Seberang adalah berupa cuaca buruk misalnya turunya hujan yang cukup lama sehingga mengganggu aktivitas nelayan dalam melakukan penangkapan ikan serta kurangnya dukungan modal dari pemerintah dalam menigkatkan hasil tangkapan para nelayan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DI DESA KOTA BANGUN SEBERANG KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang EVA SUSANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua