Detail Cantuman Kembali
FITRIANA - Personal Name

Analisis Usahatani Cabai Merah Keriting (Capsicum annum L.) Di Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara ( Studi Kasus Kelompok Tani karya Tani)

Permintaan cabai merah keriting yang semakin mengalami peningkatan dari tahun ke tahun berdampak pada tingkat laju inflasi. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh petani cabai dalam menentukan usahatani cabai dengan menentukan berapa banyak input yang digunakan atau berapa banyak output yang dihasilkan untuk mendapatkan keuntungan. Input yang digunakan adalah luas lahan, pupuk, pestisida, dan tenaga kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan usahatani cabai merah keriting yang diterima oleh Kelompok Tani Karya Tani di Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara serta mengetahui apakah usahatani cabai merah keriting layak untuk dikembangkan. Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Lempake pada Kelompok Tani Karya Tani bulan Maret hingga bulan Mei 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Dengan jumlah responden sebanyak 22 orang. Metode penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan dengan menghitung biaya produksi, penerimaan, pendapatan, dan R/C rasio. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total biaya dengan rata-rata biaya produksi, penerimaan dan pendapatan usahatani cabai merah keriting berturut-turut sebesar Rp. 15.857.454,55 mt-1 ha-1 ,Rp. 30.204.025,25 mt-1 ha-1 serta 14.346.570,71 mt-1 ha-1 R/C rasio sebesar 1,91 artinya bahwa usahatani cabai merah keriting layak untuk dikembangkan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Usahatani Cabai Merah Keriting (Capsicum annum L.) Di Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara ( Studi Kasus Kelompok Tani karya Tani)
Pengarang FITRIANA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIT a 2023
Subyek Usahatani, Cabai Merah Keriting, Pendapatan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua