ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM VIDEO TRUEMOVE H: GIVING DI YOUTUBE
Rizky Juna Hidayat. 1702055003. SKRIPSI. Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Video TrueMove H: Giving di Youtube. Program Studi S1 Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman 2022.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pesan moral terkandung dalam Video TrueMove H: Giving di Youtube. Fokus penelitian adalah berfokus mengungkap tanda tanda yang terdapat pada setiap adegan, katakata dan suara yaitu dialog yang diucapkan oleh para pemain dan suara-suara lainnya dengan metode Semiotika Charles Sanders Pierce, Trikotomi ikon, indeks dan simbol lalu dilanjut dengan penggunaan model triadic pierce, Sign, Object dan Interpretant. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur serta observasi dan objek penelitian bersumber dari Video TrueMove H: Giving di Youtube dan sumber internet lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian Pesan moral yang ditemukan dari setiap adegan Video TrueMove H: Giving yaitu Pesan moral dalam video ini mencerminkan nilai-nilai yang dihormati dalam masyarakat Thailand. Secara khusus, video TrueMove H: Giving merepresentasikan pentingnya tanggung jawab dalam situasi konflik moral, menyoroti empati dan kepedulian sosial melalui tindakan penjual sup yang membantu anak kecil yang mencuri obat untuk ibunya. Solidaritas juga dipresentasikan melalui kerja sama antar individu untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Video ini menekankan pentingnya memberikan dukungan dan inspirasi untuk membangun hubungan yang kuat dan menciptakan masyarakat yang harmonis, mencerminkan nilai-nilai "bunkhun" dalam budaya masyarkat Thailand. Tindakan sukarela Dokter Prajak juga memperlihatkan kepedulian sosial yang mencerminkan prinsip-prinsip agama Buddha, seperti pemberian, kebaikan hati, dan belas kasihan, menunjukkan dedikasi untuk memberikan manfaat tanpa memperhatikan kepentingan pribadi
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM VIDEO TRUEMOVE H: GIVING DI YOUTUBE |
---|---|
Pengarang | RIZKY JUNA HIDAYAT - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIZ a 2023 |
Subyek | representasi youtube semiotika Pesan Moral Video Iklan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ILMU KOMUNIKASI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY