PERANCANGAN GAME BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PELESTARIAN PESUT MAHAKAM MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Indonesia menjadi salah satu negara dengan satwa langka tertinggi di dunia dan tidak sedikit dari satwa langka tersebut yang masuk ke dalam daftar satwa yang terancam punah. Salah satu satwa langka yang terancam punah yaitu pesut Mahakam. Pesut Mahakam merupakan salah satu satwa langka endemis khas perairan Sungai Mahakam yang terancam punah karena populasinya yang menurun. Salah satu upaya pelestarian yang dapat dilakukan kepada pesut Mahakam seperti kampanye edukasi. Penyebaran kampanye dapat dilakukan di berbagai media, mulai dari tradisional hingga modern seperti media digital. Salah satu media digital yang dapat digunakan yaitu media game yang dapat menjadi sarana kampanye yang efektif karena sifat game yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game yang dapat menjadi sebuah media kampanye dalam pelestarian pesut Mahakam. Proses pengembangan game pada penelitian ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari 6 tahapan. Tahap pertama yaitu inisiasi digunakan untuk menentukan beberapa poin seperti menentukan tema yaitu pengenalan pesut, menentukan judul game yaitu “Mahi’s Pesut Adventure”, menentukan genre game yaitu endless runner, dan menentukan fitur-fitur pada game. Tahap kedua yaitu pra-produksi digunakan untuk desain aset 3D dan lintasan, serta mengumpulkan aset gratis yang digunakan seperti aset 3D, ikon, font, dan musik atau suara. Tahap ketiga yaitu produksi digunakan untuk pembuatan sistem game secara menyeluruh. Tahap keempat yaitu tahap pengujian dilakukan dengan menerapkan Black Box Testing. Tahap kelima yaitu tahap beta yang dibagi ke dalam beberapa tahapan seperti pengujian beta dengan kuesioner skala Likert, review informasi tentang pelestarian pesut di dalam game dengan narasumber, perbaikan beta, dan tahap terakhir atau tahap keenam yaitu merilis game ke platform Itch.io. Hasil dari pengujian beta menggunakan kuesioner dengan rata-rata yaitu 80%, sehingga dapat dikatakan bahwa game “Mahi’s Pesut Adventure” dapat mengenalkan pesut Mahakam dan membantu proses kampanye pelestariannya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERANCANGAN GAME BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PELESTARIAN PESUT MAHAKAM MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD ARIF SAPUTRA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2023 |
Subyek | Pesut Mahakam game Game Development Life Cycle Black Box Testing Endless Runner |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | Informatika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY