Detail Cantuman Kembali
RAMADHANI DARMAWAN - Personal Name

DAMPAK SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT OBJEK WISATA PASCA TAMBANG BATU BARA DI KELURAHAN SEMPAJA UTARA KOTA SAMARINDA (Studi Kasus Objek Wisata Terapi Ikan Naureen Mini Garden)

Ramadhani Darmawan, 2023 Dampak Sosial Ekonomi Masyarakat Objek Wisata Pasca Tambang Batu Bara di Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda (Studi Kasus Objek Wisata Terapi Ikan Naureen Mini Garden)
Samarinda merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur yang menjadi pusat Kota dengan berbagai macam kegiatan yang terus berkembang. Kota Samarinda telah dikepung oleh pertambangan batubara. Lokasi bekas tambang umumnya telah menjadi kolam - kolam air yang sangat luas dan dimanfaatkan sebagai objek wisata. Kegiatan yang dilakukan tentunya akan memberikan dampak baik sosial maupun ekonomi bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak sosial dan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar objek
wisata dengan adanya tempat pariwisata. Dalam menganalisis dampak ekonomi dari kegiatan wisata Naureen Mini Garden menggunakan Keynesion Income Multiplier dengan melihat dampak langsung, dampak tidak langsung, dan dampak lanjutan. Hasil analisis menunjukkan bahwa keberadaan objek wisata memberikan dampak positif terhadap kesempatan kerja masyarakat sekitar, serta memberikan dampak ekonomi terhadap perekonomian masyarakat sekitar cukup besar. Terbukti dari nilai Keynesian Income Multiplier sebesar 1,9. Ratio income multiplier tipe 1 sebesar 2,3 dan Ratio income multiplier tipe 2 sebesar 3,1.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul DAMPAK SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT OBJEK WISATA PASCA TAMBANG BATU BARA DI KELURAHAN SEMPAJA UTARA KOTA SAMARINDA (Studi Kasus Objek Wisata Terapi Ikan Naureen Mini Garden)
Pengarang RAMADHANI DARMAWAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAM d 2023
Subyek Dampak Sosial Ekonomi
Multiplier Effect
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Jurusan SOSIAL EKONOMI PERIKANAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua