Detail Cantuman Kembali
NOVITA SARI - Personal Name

PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA ANTARA PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DAN EDMODO PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM

Novita Sari ., 2024. Perbedaan Hasil Belajar Kimia antara Penggunaan Aplikasi Google Classroom dan Edmodo pada Pokok Bahasan Struktur Atom. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Nurlaili, M.P. selaku pembimbing I dan Prof. Dr. H. Usman, M. Si selaku pembimbing II. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dan penyampaian informasi sehingga dapat merangsang minat, perhatian dan pikiran siswa dalam kegiatan belajar.Adapun Media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu aplikasi Google classroom dan Edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar kimia antara penggunaan aplikasi Edmodo dan Google Classroom. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif komparatif dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik probability sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Samarinda. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, Kelas X5 menggunakan media pembelajaran dengan aplikasi Google Classroom dan kelas X6 menggunakan aplikasi Edmodo dengan jumlah siswa dari kedua kelas yaitu 71 orang. Data diambil menggunakan teknik tes berupa pretest serta posttest dan teknik non tes berupa lembar observasi. Berdasarkan hasil pretest dan posttest pada penelitian ini data yang didapatkan berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen dengan peningkatan pada eksperimen 1 yaitu sebesar 52,80 kategori tinggi dan kelas eksperimen 2 sebesar 46,80 kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan SPSS versi 21.0 dengan nilai signifikansi 0,05 hasil yang didapatkan yaitu 0,000 < α (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, atau terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara penggunaan aplikasi Google Classroom dan Edmodo.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA ANTARA PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DAN EDMODO PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM
Pengarang NOVITA SARI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NOV p 2024
Subyek Google Classroom
Edmodo
Struktur atom
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua