PENINGKATAN HASIL BELAJAR TIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS XI PADA POKOK BAHASAN JARINGAN KOMPUTER MA AL-MASYHURIAH TENGGARONG SEBERANG TAHUN AJARAN 2021/2022
Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui proses hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning kelas XI pada pokok bahasan Jaringan Komputer di MA AL-MASYHURIYAH tenggarong seberang pada tahun ajaran 2021/2022 Hasil belajar merupakan saat teselesaikannya bahan Pelajaran. Bukti bahwa seseorang telah belajar ialah terjadinya perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar TIK materi Topologi Jaringan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI di MA AL-MASYHURIYAH Tenggarong Seberang. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juni Tahun 2022 dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA AL MASYHURIYAH sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes ujian pada akhir siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rata-rata dan persentase. Indikator keberhasilan yaitu apabila siswa telah mencapat nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75,00 dan siswa yang tuntas ada di atas 50%. Dari hasil analisis data bahwa hasil belajar TIK menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI MA AL MASYHURIYAH Tenggarong Seberang meningkat. Peningkatan tersebut terbukti dari nilai rata – rata siswa pada pra siklus sebesar 66,8 dan siklus I sebesar 71,4.dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai dari pra siklus ke silus I sebesar 4,6 atau persentase peningkatan sebesar 7,7%. Untuk mempoeroleh peningkatan yang signifikan, pembelajaran dilanjutkan pada siklus II dan diperoleh rata-rata nilai siswa pada siklus II sebesar 74,8. Dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nidai dari siklus I ke siklus II sebesar 3,4 atau persentase peningkatan sebesar 12,6%. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa kelas XI MA AL-MASYHURIYAH Tenggarong Seberang setelah diterapkan model pembelajaran Problem based Learning.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR TIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS XI PADA POKOK BAHASAN JARINGAN KOMPUTER MA AL-MASYHURIAH TENGGARONG SEBERANG TAHUN AJARAN 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | SYAMSUL ARIF FIKRI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SYA p 2023 |
Subyek | Problem Based Learning Jaringan Komputer |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY