PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENGGUNAKAN METODE BANGKING SERVICE QUAIITY (BSQ) (STUDI KASUS : BANK BRI UNIT RAWA INDAH)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan di Bank BRI Unit Rawa Indah dengan mengaplikasikan metode Banking Service Quality (BSQ). Kualitas layanan merupakan faktor krusial dalam menjaga kepuasan nasabah dan mempertahankan daya saing bank BRI terhadap bank lain. Metode BSQ digunakan untuk mengidentifikasi dimensi-dimensi kualitas layanan yang paling berpengaruh terhadap persepsi nasabah pada layanan di Bank BRI Unit Rawa Indah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebar kepada nasabah Bank BRI Unit Rawa Indah. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik seperti analisis faktor untuk mengidentifikasi variabel-variabel kualitas layanan yang muncul dari persepsi nasabah. Selain itu, analisis regresi juga dilakukan untuk mengukur pengaruh masing-masing dimensi terhadap kepuasan nasabah. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat gap negatif pada variabel akses, sedangkan variabel keefektifan dan jaminan, harga, portofolio jasa, kewujudan, dan kehadanlan mengalami gap positif. Ditemukan juga hasil gap negatif pada atribut “pelayanan customer service”, “jumlah teller dan customer service”, dan “antrian pada teller dan customer service”. Hasil uji korelasi product moment pearson semua variabel memiliki hubungan terhadap kepuasan nasabah dengan variabel keefektifan dan jaminan, akses, portofolio jasa, dan keterwujudan berkorelasi kuat, sedangkan variabel harga dan keterhandalan berkorelasi
cukup kuat. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Rawa Indah memiliki persamaan Y = -5,708 + 0,290X1 + 0,305X2 – 0,423X3 + 0,422X3 + 0,341X5 + 0,35X6. Ditemui hasil pada uji F statistik, semua variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan nasabah. Hasil uji t-statistik variabel kehandalan tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah, sedangkan variabel keefektifan dan jaminan, akses, harga, portofolio jasa, kewujudan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENGGUNAKAN METODE BANGKING SERVICE QUAIITY (BSQ) (STUDI KASUS : BANK BRI UNIT RAWA INDAH) |
---|---|
Pengarang | RAHMAD HIDAYAT - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAH p 2023 |
Subyek | Kepuasan Nasabah kualitas layanan Bank BANKING SERVICE QUALITY |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | TEKNIK INDUSTRI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY