Detail Cantuman Kembali
Peslianti Rice Mellolo - Personal Name

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN COFFEE SHOP LOJA, KOTA SANGATTA, KUTAI TIMUR DENGAN METODE SWOT ANALYSIS

Coffe Shop Loja merupakan coffee shop yang berada di Sangatta Kutai Timur, Kalimantan Timur. Penjualan yang fluktuatif karena terdapat pesaing baru yang bermunculan di lingkungan yang sama. Berdasarkan hasil identifikasi, terdapat 10 faktor internal dan 10 faktor ekternal yang mempengaruhi dengan hasil perhitungan IFE senilai 2.781 dan EFE sebesar 2.48. Berdasarkan identifikasi CPM, Coffe Shop Loja unggul dari pesaing utamanya yaitu Deā€™Atake Cafe. Hasil rata-rata dari kuesioner perspektif pelanggan terhadap Coffe Shop Loja adalah sebesar 24.37. Berdasarkan matriks IE, Coffe Shop Loja berada dalah sel ke V yang berarti strategi yang tepat untuk Coffe Shop Loja adalah hold and maintain (menjaga dan mempertahankan). Setelah diketahui posisi Coffe Shop Loja, lalu dilakukan analisis SWOT untuk merumuskan alternatif strategi. Berdasarkan Matriks SWOT didapatkan strategi SO, ST, WO, WT yang didalamnya berisi strategi tentang alternative strategi yaitu penetrasi pasar, pengembangan produk, dan pengembangan pasar. Tahap selanjutnya adalah menentukan strategi proritas untuk Coffe Shop Loja yaitu dengan diagram SWOT. Berdasarkan hasil petihungan skor IFE dan EFE didapatkan Coffe Shop Loja berada dalam posisi yang progresif yang berarti perusahaan kuat dan berpeluang strategi yang tepat adalah dengan melakukan ekspansi pasar seperti menambah cabang atau francise di tempat yang berpotensi untuk menambah pelanggan baru dan strategi lainnya yang cocok adalah dengan menjalin kemitraan dengan instansi pemerintahan dan perusahaan sebagai penyedia konsumsi kegiatan atau event.
Strategi pertumbuhan pasar yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan penjualan produk dengan pemasaran online dan menyediakan pembayaran digital seperti transfer, qris, atau dengan dana. Aktif beriklan di media sosial seperti instagram dengan mengupload kontenkonten yang menarik. Promosi juga dapat memperbesar pertumbuhan Coffe Shop Loja dengan memberikan potongan harga atau diskon seperti di hari-hari besar dan pembelian secara bundle seperti membeli 2 aren latte gratis 1 americano. Terakhir adalah memaksimalkan keuntungan dengan aktif melakukan upselling yaitu menawarkan makan ringan atau makanan berat yang sesuai dengan minuman yang telah dipesan. Menjaga dan meningkatkan standar kualitas rasa produk Coffe Shop Loja untuk membedakan diri dari coffee shop lainnya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS STRATEGI PEMASARAN COFFEE SHOP LOJA, KOTA SANGATTA, KUTAI TIMUR DENGAN METODE SWOT ANALYSIS
Pengarang Peslianti Rice Mellolo - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PES a 2023
Subyek Coffee Shop Loja, IFE dan EFE, CPM, Matriks IE, Ma
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Industri
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua