PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PRO-LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KOTA BANGUN (MATERI: PEMANASAN GLOBAL)
Sikap pro-lingkungan adalah tindakan sadar yang dilakukan oleh seseorang untuk meminimalkan dampak negatif dari aktivitas manusia terhadap lingkungan dan memperbaiki kesehatan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon peserta didik SMA terhadap bahan ajar berbasis prolingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development), dengan model pengembangan yang digunakan ialah model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation and Evaluation). Bahan ajar elektronik telah divalidasi oleh validator materi dan validator media. Hasil validasi dari aspek materi memperoleh persentase sebesar 93% dan aspek media sebesar 89% yang kedua hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil respon peserta didik terhadap bahan ajar elektronik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 85%. Berdasarkan hasil validitas dan respon peserta didik, maka bahan ajar elektronik berbasis pro-lingkungan pada materi pemanasan global valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika di SMA.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PRO-LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KOTA BANGUN (MATERI: PEMANASAN GLOBAL) |
---|---|
Pengarang | ANDI ANWAR - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AND p 2024 |
Subyek | pengembangan bahan ajar ADDIE Pro-lingkungan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY