Detail Cantuman Kembali
Milen Aswad Ramadhan - Personal Name

Modifikasi Arang Aktif dari Tandan kosong Kelapa Sawit (Elais Guieneensis Jacq) Dengan Menggunakan Nanopartikel Perak Yang Disintesis Menggunakan Bioreduktor Daun Kenitu (Chrysophyllum cainito L.

Pengolahan Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) merupakan bahan yang berpotensi menjadi karbon aktif karena memiliki kandungan lignoselulosa yang banyak, sehingga dapat digunakan sebagai material berpori. Tujuan dari penelitian ini mengimpregnasikan nanopartikel perak yang di sintesis menggunakan bioreduktor dari bahan ekstrak daun kenitu ke dalam TKKS. Arang aktif diperoleh dengan memanaskan di 300C dan di aktivasi menggunakan HCl, kemudian daun kenitu diekstraksi menggunakan methanol. Hasil aktivasi TKKS berupa serbuk berwarna hitam dengan % rendemen sebesar 92,55%. Selanjutnya, diperoleh hasil ekstrak kental daun Kenitu sebanyak 22,4 g, kemudian dihitung persen rendemen diperoleh sebesar 8%. Hasil karakterisasi menunjukkan Arang aktif memiliki kadar air dan kadar abu yang memenuhi standar SNI. Perak nanopartikel berhasil di sintesis menggunakan bioreduktor ekstrak daun kenitu yang di tunjukkan dari data spektroskopi UV-Visible dengan serapan di 420-440 nm. Hasil impregnasi dapat di lihat dari data difaktrogram XRD dengan munculnya puncak Ag pada TKKS aktif. Selain itu morfologi pada permukaan TKKS aktif setelah di impregnasi, terdapat partiel-partikel kecil yang diduga adalah perak nanopartikel

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Modifikasi Arang Aktif dari Tandan kosong Kelapa Sawit (Elais Guieneensis Jacq) Dengan Menggunakan Nanopartikel Perak Yang Disintesis Menggunakan Bioreduktor Daun Kenitu (Chrysophyllum cainito L.
Pengarang Milen Aswad Ramadhan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIL m 2023
Subyek Arang Aktif
Tandan Kosong Kelapa Sawit
Kenitu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Kimia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua