Detail Cantuman Kembali
Amarsyahzehan Saputra - Personal Name

PERANCANGAN CAMPURAN BETON DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON BERBASIS GUI (GRAPHICAL USER INTERFACE)

Perancangan campuran beton atau mix design dilakukan agar proporsi campuran beton dapat memenuhi syarat teknis serta ekonomis. Berbagai metode perancangan campuran beton telah banyak ditemukan dan diterapkan, salah satunya melalui perhitungan manual dengan aturan tertentu, melihat grafik dan tabel referensi, serta perhitungan yang berulang-ulang. Keadaan tersebut akan menyebabkan perancangan menjadi tidak efisien dan kurang akurat. Oleh karena itu perlu disusun mekanisme otomatisasi proses dari perancangan campuran beton melalui penelitian dengan metode deskriptif sehingga dapat mempercepat proses perhitungan, akurat dan mudah dipahami.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah aplikasi perancangan campuran beton berbasis GUI menggunakan bahasa pemrograman Python. Aplikasi ini memberikan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan untuk merancang campuran beton dengan cepat dan efisien. Fitur-fitur penting yang diperlukan dalam perancangan campuran beton, seperti perhitungan proporsi bahan, analisis karakteristik beton, dan visualisasi hasil perhitungan dengan grafik, berhasil diintegrasikan ke dalam aplikasi.
Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa aplikasi ini menghasilkan proporsi material beton yang konsisten dan sesuai dengan perhitungan manual serta mudah digunakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANCANGAN CAMPURAN BETON DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON BERBASIS GUI (GRAPHICAL USER INTERFACE)
Pengarang Amarsyahzehan Saputra - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AMA p 2023
Subyek BETON
perancangan campuran beton
python
gui (graphical user interface)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Sipil
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua