Detail Cantuman Kembali
ARI WARISMAN ASTUTY - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEDERHANA DENGAN MEDIA GAMBAR SEGITIGA DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III DI SDN 018 PALARAN

ARI WARISMAN ASTUTY, 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Sederhana Dengan Media Gambar Segitiga dan Persegi Panjang Siswa Kelas III Di SDN 018 Palaran. Dibimbing oleh Drs. Riyadi, M.Si sebagai pembimbing I dan Dra. Sudillah MW, M.Pd sebagai pembimbing II.
Kata Kunci : Hasil belajar matematika, bangun datar sederhana, media gambar segitiga dan persegi panjang.
Kurangnya respon dari siswa pada saat guru mengajar di dalam kelas, sehingga siswa kurang tertarik dengan pelajaran matematika karena pelajaran ini kebanyakan menghafal rumus, mengerjakan soal matematika dari awal sampai akhir harus benar, serta sistem pembelajaran yang kurang efektif, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Mengatasi kondisi tersebut guru harus memvariasikan media pembelajaran yang digunakan seperti media gambar segitiga dan persegi panjang.
Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah mengajar matematika materi bangun datar sederhana dengan media gambar segitiga dan persegi panjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN 018 Palaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar sederhana dengan media gambar segitiga dan persegi panjang siswa kelas III di SDN 018 Palaran.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan kelas ada empat yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN 018 Palaran dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dan objeknya adalah penggunaan media gambar segitiga dan persegi panjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengamatan dan tes. Data yang diperoleh kemudian diananlis menggunakan analisis rata-rata, persentase dan diperjelas dengan menggunakan grafik.
Hasil belajar siswa pra siklus memperoleh nilai rata-rata 49,67 dari 5 siswa yang tuntas dan 10 siswa yang tidak tuntas, dengan persentase ketuntasan sebesar 33,34%. Hasil belajar siswa siklus I meningkat 6,66% dari pra siklus. Nilai rata- rata siswa siklus I mencapai 63,67 dari 6 siswa yang tuntas dan 9 siswa yang tidak tuntas, dengan persentase ketuntasan 40%. Hasil belajar siklus II meningkat 46,67% dari siklus I. Nilai rata-rata siswa siklus II mencapai 86,22 dari 13 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan 86,67%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mengajar matematika materi bangun datar sederhana dengan media gambar segitiga dan persegi panjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN 018 Palaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEDERHANA DENGAN MEDIA GAMBAR SEGITIGA DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III DI SDN 018 PALARAN
Pengarang ARI WARISMAN ASTUTY - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ARI p 2015
Subyek Hasil belajar matematika, bangun datar sederhana
media gambar segitiga dan persegi panjang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua