Detail Cantuman Kembali
IKA DESI ASRIYANI - Personal Name

ANALISIS LEVEL KEMAMPUAN ARGUMENTASI SECARA TERTULIS SISWA SMP NEGERI 11 SAMARINDA PADA SOAL PENCEMARAN LINGKUNGAN

Ika Desi Asriyani, 2023. Analisis Level Kemampuan Argumentasi Secara Tertulis Siswa SMP Negeri 11 Samarinda pada Materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini dibimbing oleh Masitah, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Ruqoyyah Nasution, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Peserta didik dalam pembelajaran membutuhkan argumentasi untuk memperkuat pemahamannya dan menghubungkan konsep dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level kemampuan siswa dalam berargumentasi secara tertulis pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Samarinda. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, responden yang digunakan adalah siswa kelas VII dan VIII sebanyak 180 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan argumentasi dengan materi pencemaran lingkungan. Soal tersebut berjumlah 5 soal dalam bentuk uraian yang kemudian jawaban dari soal tersebut dianalisis menggunakan Toulmin Argumentastion Pattern (TAP). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dari interpretasi data kualitas level argumentasi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan prosentase level kemampuan argumentasi siswa 100% sudah mampu memberi claim, 90,5% data, 24,4% warrant, 10% backing, 3,8% rebuttal hal ini menunjukan bahwa kemampuan argumentasi siswa secara tertulis dengan kriteria sangat baik berada di level 1 dan 2, untuk level lebih tinggi perlu ditingkatkan lagi pengalaman belajar, kemampuan kebahasaan dan pemahaman konsep siswa pada meteri pencemaran lingkungan. Kemampuan argumentasi dapat ditingkatkan dengan menambah pengalaman siswa untuk berlatih berargumen melalui pembelajaran yang lebih memfasilitasi siswa mengemukakan pendapat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS LEVEL KEMAMPUAN ARGUMENTASI SECARA TERTULIS SISWA SMP NEGERI 11 SAMARINDA PADA SOAL PENCEMARAN LINGKUNGAN
Pengarang IKA DESI ASRIYANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IKA a 2023
Subyek Analisis
lingkungan
Pencemaran
Argumentasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua