Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jenis Usaha Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas V SDN 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023
Della Yulia Putri, 2023.Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jenis Usaha Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas V SDN 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Pembimbing I Mustamiroh,S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Drs.H.La Djangka,M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 004 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2022/2023 khususnya pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Jenis Usaha Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas V SDN 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2022/2023 di SD Negeri 004 Sungai Kunjang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 004 Sungai Kunjang yang berjumlah 28 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS materi Jenis Usaha Ekonomi dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata, rumus persentase, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada muatan IPS memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 67 dengan persentase ketuntasan 29% (8) siswa yang tuntas dengan predikat sangat kurang. Pada hasil belajar siswa siklus I mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata kelas 72,25 dengan presentase ketuntasan 43% (12) siswa yang tuntas dengan predikat cukup dan mengalami peningkatan sebesar 7,24%. Hasil belajar siswa pada siklus II Kembali mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata kelas 85,60 dengan presentase ketuntasan 89% (25) siswa yang tuntas dan mengalami peningkatan sebesar 26,62%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS Materi Jenis Usaha Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas V SDN 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jenis Usaha Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas V SDN 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Della Yulia Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DEL p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif T |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY