Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperatif Intergrated Reading And Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Barong Tongkok Tahun Pembelajaran 2022/2023
Rossa Amelia, 2023. Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperatif Intergrated Reading And Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Barong Tongkok Tahun
Pembelajaran 2022/202. Pembimbing I Mustamiroh,S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Drs.H.La Djangka,M.Pd.
Kata Kunci : Peningkatan Keterampila Membaca Puisi, Cooperatif Intergrated Reading and Composition
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 004 Barong Tongkok tahun pembelajaran 2022/2023 khususnya pada muatan Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca puisi menggunakan model kooperatif tipe Cooperatif Intergrated Reading And Composition pada siswa kelas IV SD Negeri 004 Barong Tongkok Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2022/2023 di SD Negeri 004 Barong Tongkok. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV-A SDN 004 Barong Tongkok yang berjumlah 22 siswa dan objek penelitian ini adalah keterampilan membaca puisi dengan model Kooperatif Tipe
Cooperatif Intergrated Reading And Composition. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan
dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan nilai rata-rata, persentase, nilai tes dan grafik.Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 71,95dengan persentase siswa yang tuntas 35% (9 siswa), kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 0,44 dari nilai pra siklus dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,27 dan persentase siswa yang tuntas 35% (9 siswa). Padasiklus II nilai rata-rata meningkat sebesar 25,8 dari nila siklus I dengan nilai ratarata sebesar 90 dengan persentase siswa yang tuntas 80% (19 siswa). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca puisi dengan model Kooperatif Tipe Cooperatif Intergrated Reading And Composition pada siswa kelas IV SD Negeri 004 Barong Tongkok tahun pembelajaran 2022/2023.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperatif Intergrated Reading And Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Barong Tongkok Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Rossa Amelia - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ROS p 2023 |
Subyek | Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi, Cooperatif |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY