analisis SWOT dalam strategi meningkatkan pelayanan pengiriman barang domestik pada ID express kota samarinda kalimantan timur
ERVITA APRILIYANI, NIM 1702095112. Judul skripsi Analisis Swot Dalam Strategi Meningkatkan Pelayanan Pengiriman Barang Domestik Pada ID Express Kota Samarinda Kalimantan Timur” di bawah bimbingan Bapak Dr. M. Zaini, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi meningkatkan pelayanan pengiriman barang pada ID Express Samarinda. Teori ini menggunakan SWOT yang berfokus pada kekuatan dan kelemahan (Internal) dan peluang dan ancaman (Eksternal). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan subjek penelitian adalah pimpinan ID Express Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Penelitian ini berfokus pada faktor internal dan faktor eksternal perusahaan, dengan analisis SWOT yang telah di lakukan kemudian disusun menjadi matrik SWOT yang di jadikan pembahasan utama dalam strategi meningkatkan pelayanan. Dengan menerapkan sistem perhitungan ifas dan efas yang bertujuan sebagai penetapan kondisi perusahaan dan menjadi titik utama dalam strategi meningkarkan pelayanan. Nilai tabel ifas 3,80 sedangkan nilai tabel efas 3,40, hal ini menggambarkan bahwa faktor internal lebih kuat di bandingkan faktor eksternal, maka strategi yang perlu diambil adalah meningkatkan pelayanan yang profesional dalam mempertimbangkan permintaan pelanggan, melakukan sosialisasi mengenai jenis-jenis pelayanan, meningkatkan kerja sama dengan marketplace dan layanan e-comerate, meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas SDM dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing sehingga pelanggan tetap memiliki loyalitas dalam menggunakan jasa layanan ID Express. Letak strategi berada kuadrat 1 yaitu strategi SO menggunakan segala kekuatan untuk merebut dan memenfaatkan peluang sebanyak-banyaknya, yaitu untuk dapat memanfaatka pesatnya pertumbuhan bisnis baru, menawarkan layanan pengiriman dengan harga yang wajar, memastikan kemudahan pengiriman yang cepat dan akurat untuk menarik penjual/perusahaan sebagai mitra bisnis, Menciptakan keterampilan yang kompetitif dan berkualitas
Ketersediaan
Detail Information
Judul | analisis SWOT dalam strategi meningkatkan pelayanan pengiriman barang domestik pada ID express kota samarinda kalimantan timur |
---|---|
Pengarang | ERVITA APRILIYANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ERV a 2023 [ S1] |
Subyek | Kata kunci : Analisis Swot Strategi Pelayanan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI BISNIS |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY