Detail Cantuman Kembali
Dina Ramadhani - Personal Name

Hubungan Efikasi Diri Akademik dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Baru dalam Pembelajaran Sains

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri akademik dengan kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa baru dalam pembelajaran sains. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 125 mahasiswa baru dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Mulawarman yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan skala kemampuan berpikir kritis dan skala efikasi diri akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa baru dalam pembelajaran sains dengan nilai r hitung = 0.688 > r tabel = 0.176 dan nilai p = 0.000 (p < 0.05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan dengan arah positif. Artinya semakin tinggi efikasi diri akademik, maka semakin tinggi kemampuan berpikir kritis, dan sebaliknya semakin rendah efikasi diri akademik maka semakin rendah kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa baru dalam pembelajaran sains.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Efikasi Diri Akademik dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Baru dalam Pembelajaran Sains
Pengarang Dina Ramadhani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIN h 2024
Subyek Kemampuan Berpikir Kritis
Pembelajaran sains
Mahasiswa Baru
efikasi diri akademik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Psikologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua