Detail Cantuman Kembali
aditya oktavian - Personal Name

PERAN KELOMPOK TANI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI (STUDI KASUS KELOMPOK TANI SARI BUMI DESA BHUANA JAYA, KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA)

Aditya Oktavian, NIM 1902036082. Peran Kelompok Tani DalamMeningkatkan Kesejahteraan Petani(Studi Kasus Kelompok Tani Sari Bumi Desa Bhuana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara). Dibawah bimbingan Bapak A.Ismail Lukman ,S.Pd.,MA, Ibu Dr. Sukapti,M .Hum selaku penguji I dan dan Bapak Sarifuddin, S.Sos., M.Si selaku penguji III Program Studi Pembangunan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan peran kelompok tani dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Bhuana Jaya dengan studi kasus Kelompok Tani Sari Bumi. Pemilihan Kelompok Tani Sari Bumi dikarenakan kelompok tersebut adalah kelompok yang paling aktif dan satu-satunya kelompok yang memiliki program kerja unggulan yaitu ternak sapi sebagai usaha mensejahterakan anggota kelompoknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian penelitian untuk menganalisis peran kelompok tani sari bumi dalam meningkat kesejahteraan petani. fokus penelitian meliputi, kelompok tani sebagai kelas belajar, kelompok tani sebagai wahana kerjasama dan kelompok tani sebagai unit produksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi,wawancara, dokumentasi, dan didukung dengan sumber primer dan juga sumber sekunder. Yang sesuai dengan keadaan dilapangan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa peran kelompok tani sari bumi ini hanya mampu mengupayakan kesejahteraan anggota kelompoknya saja, melalui program kerja unggulan yang dimiliki yaitu ternak sapi yang merupakan sumber pendapatan tambahan individu anggota kelompok. Selain daripada itu, upaya kesejahteraan yang lain melalui kegiatan dan tujuan dibentuknya kelompok tani yaitu sebagai kelas belajar, wahana kerjasama antar petani dan kelompok tani sebagai unit produksi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN KELOMPOK TANI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI (STUDI KASUS KELOMPOK TANI SARI BUMI DESA BHUANA JAYA, KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA)
Pengarang aditya oktavian - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADI p 2024
Subyek peran kelompok tani
kesejahteraan petani
badan penyuluh pertanian
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan pembangunan sosial
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua