PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA ELEKTRONIK BERBASIS TPACK BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR II
Pendidikan di era 4.0 menuntut calon guru menguasai teknologi untuk diintegrasikan dalam proses pembelajaran. Kemampuan calon guru dalam menguasai teknologi dalam pembelajaran dapat dilihat melalui TPACK yang dimiliki guru. TPACK merupakan kerangka teoritis untuk mengintegrasikan teknologi, pedagogik, dan materi pelajaran dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon mahasiswa, dan kepraktisan terhadap media pembelajaran berbantuan Flip PDF Corporate Edition Epada materi optik geometri yang dikembangkan. Penelitian ini berjenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Instrumen yang dipakai terdiri dari angket validasi dari dosen materi dan media, respon mahasiswa, serta penilaian kepraktisan. Metode analisis data mencakup pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakan dari aspek materi sebesar 87% dengan kriteria sangat layak dan aspek media sebesar 93% dengan kriteria sangat layak, yang secara keseluruhan sebesar 90% dengan kriteria layak. Hasil respon mahasiswa dan kepraktisan lembar kerja sebesar 80% dan 81% dengan kriteria sangat baik dan praktis. Berdasarkan hasil uji kelayakan, respon mahasiswa, dan kepraktisan. Maka lembar kerja layak untuk digunakan dalam mendukung pembelajaran fisika pada calon guru
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA ELEKTRONIK BERBASIS TPACK BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR II |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD FIKRI ERLANGGA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2023 |
Subyek | Media Pembelajaran, Flip PDF Corporate Edition, TP ADDIE, Uji Kelayakan, Respon Mahasiswa, Kepraktisan Lembar Kerja Mahasiswa. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY