Detail Cantuman Kembali
Risma Nurhidayah - Personal Name

RESPONS PEMBACA TERHADAP NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL LUSIFER!LUSIFER! KARYA VENERDI HANDOYO: KAJIAN RESEPSI SASTRA

Novel Lusifer!Lusifer! Karya Venerdi Handoyo menarik untuk dijadikan objek penelitian karena novel tersebut mengangkat tema yang berhubungan dengan realitas sosial di masyarakat Indonesia dalam menilai religiusitasnya. Penelitian dengan kajian Resepsi Sastra ini bertujuan mendeskripsikan nilai religius dalam novel serta mendeskripsikan hasil analisis respons pembaca terhadap nilai religius dalam novel Lusifer!Lusifer! Karya Venerdi Handoyo.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan metode deskritif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan pembaca. Adapun sumber data diperoleh dari pembaca akun base X yaitu @literarybase yang berusia 18 tahun keatas dengan menggunakan borang berupa google form untuk kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa respons pembaca pada akun @literarybase terhadap novel Lusifer!Lusifer! karya Venerdi Handoyo mendapat respons positif, hal ini terbukti dengan banyaknya tanggapan yang menyatakan bahwa novel Lusife!Lusifer! unik dan menarik karena membahas tentang kritik sosial masyarakat Indonesia terhadap religiusitas bisa berubah menjadi fanatisme agama negatif seperti sikap mudah menghakimi dan membanding-bandingkan orang lain.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul RESPONS PEMBACA TERHADAP NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL LUSIFER!LUSIFER! KARYA VENERDI HANDOYO: KAJIAN RESEPSI SASTRA
Pengarang Risma Nurhidayah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIS r 2023
Subyek Novel
RESPONS PEMBACA
nilai religius
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua