UPAYA PENGENALAN BERMAIN PERAN MAKRO DAN MIKRO DALAM MENSTIMULASI SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ANAK BANGSA SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya pengenalan bermain peran makro dan mikro dalam menstimulasi sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Data yang diperoleh dari penelitian ini agar dapat melihat aktivitas anak di dalam kelas dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan metode observasi, metode wawancara dilakukan untuk guru kelas dan kepala sekolah yang ada di TK Anak Bangsa Samarinda, metode dokumentasi dilakukan ketika sedang melakukan penelitian maupun usai penelitian di lapangan. Hasil penelitian dari bermain peran dapat menstimulasi sosial emosional anak. Di dalam pengenalan bermain peran makro dan mikro ini tentu sudah dirancang oleh guru dan kepala sekolah agar anak senang dan menjiwai setiap peran yang dimainkan. Upaya guru dalam mengenalkan pembelajaran mikro dan makro di tk sesuai dengan hasil wawancara yang peneliti lakukan ialah dengan mencarang terlebih dahulu pembelajaran yang akan digunakan saat kelas berlangsung, lalu guru mengajak anak untuk melakukan kegiatan pengenalan mikro dan makro dengan menerapkan media bermain peran. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa dengan adanya pengenalan bermain peran makro dan mikro dapat membantu anak menstimulasi sosial emosional anak. dukungan dari orang tua maupun guru yang mengajar juga hal yang sangat penting bagi keberlangsungan tumbuh kembang anak. Maka, kontribusi yang ada pada penelitian ini sebagai gambaran untuk menstimulasi sosial emosional anak terutama pada kegiatan bermain peran makro dan mikro ini untuk dapat dijadikan kegiatan pembelajaran rutin
Ketersediaan
Detail Information
Judul | UPAYA PENGENALAN BERMAIN PERAN MAKRO DAN MIKRO DALAM MENSTIMULASI SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ANAK BANGSA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | paula melda feronica bulan ajat - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI PAU u 2023 |
Subyek | Bermain Peran Makro Dan Mikro Menstimulasi Pengenalan Sosial Emosiona |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Anak Usia Dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY