Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Materi Perubahan Iklim
Pentingnya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sebagai tujuan agar peserta didik dapat memecahkan masalah secara sistematis, inovatif dan merancang solusi mendasar. Peningkatan kemampuan berpikir kritis tidak hanya dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran saja, akan tetapi harus didukung dengan alat tes yang dapat mengukur sejauh mana kemampuan berpikir kritis yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan iklim. Jenis penelitian ini adalah R & D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan subjek peserta didik kelas XI SMA di Kota Samarinda dengan kecamatan berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukkan 20 butir soal termasuk kedalam kategori valid berdasarkan uji validitas bersama ahli. Hasil uji validitas secara empiris menunjukkan 15 butir soal termasuk kedalam kategori valid dan 5 soal termasuk kedalam kategori tidak valid. Uji reliabilitas penelitian ini menunjukkan nilai reliabilitas sebesar 0,750 dengan tingkat reliabilitas tinggi. Keterbacaan peserta didik terhadap instrumen tes yang telah dikembangkan menunjukkan nilai sebesar 80% dengan kategori sangat baik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Materi Perubahan Iklim |
---|---|
Pengarang | JULIA PUTRI MAHARANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI JUL p 2024 |
Subyek | Perubahan Iklim Kemampuan Berpikir Kritis Instrumen Tes |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY