PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA KOKAMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUr
Talking Stick merupakan model pembelajaran yang dapat memberikan suasana belajar lebih menyenangkan dan membuat siswa lebih aktif dalam belajar. Berdasarkan observasi awal siswa kelas X SMA Negeri 16 Samarinda memiliki hasil belajar yang rendah ditandai dari pembelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi kurang aktif dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media kokami terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Desain penelitian yang digunakan adalah Post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media kokami dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data menggunakan tes berupa post-test dan ulangan harian sebagai data utama, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi keaktifan siswa sebagai data pendukung. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media kokami terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA KOKAMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUr |
---|---|
Pengarang | NOVIA ARIANI SAPUTRI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NOV p 2023 |
Subyek | Model Pembelajaran Talking Stick Hasil Belajar Media Kokami Sistem Periodik Unsur |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY