Detail Cantuman Kembali
Ananda Arif Febrianto - Personal Name

UJI EFEKTIVITAS DAUN Agave americana L. DALAM MENGENDALIKAN HAMA KEONG MAS (Pomacea canaliculata L.) PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.)

ANANDA ARIF FEBRIANTO. Uji Efektivitas Daun Agave americana L. Dalam Mengendalikan Hama Keong Mas (Pomacea canaliculata L.) pada Tanaman Padi (Oryza sativa L). Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2023. (Di bawah bimbingan Abdul Sahid dan Ni’matuljannah Akhsan). Padi adalah komoditas tanaman paling penting di Indonesia, karena menghasilkan beras yang merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Adanya organisme pengganggu yang menyerang tanaman salah satu contohya adalah keong mas (Pomacea canaliculata L) yang mengakibatkan penurunan hasil produksi tanaman padi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas daun A. americana sebagai pestisida nabati dalam mengendalikan keong mas dan mendapatkan dosis yang efektif dalam mengendalikan hama keong mas. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ponoragan Kecamatan Loa Kulu dimulai pada bulan November 2022 hingga Januari 2023. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan lima perlakuan dan lima ulangan. Perlakuan dosis daun A. americana yaitu P0 = kontrol, P1 = 50 g/50 kg tanah sawah, P2 = 100 g/50 kg tanah sawah, P3 = 150 g/50 kg tanah sawah, P4 = 200 g/50 kg tanah sawah. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam, apabila data berbeda nyata atau sangat nyata maka dilakukan uji lanjut menggunakan uji beda nyata terkecil (BNT) pada taraf 5 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi pestisida nabati daun A. americana efektif dalam membunuh hama keong mas. Dosis pestisida nabati daun A. americana 200g/50kg tanah sawah merupakan yang terbaik dalam mengendalikan hama keong mas, dengan nilai rata-rata mortalitas tertinggi mencapai 68,60%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UJI EFEKTIVITAS DAUN Agave americana L. DALAM MENGENDALIKAN HAMA KEONG MAS (Pomacea canaliculata L.) PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.)
Pengarang Ananda Arif Febrianto - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANA u 2024
Subyek TANAMAN PADI
keong mas
Agave americana L
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua