Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 8 Samarinda pada Materi Kesetimbangan Dinamis dan Tetapan Kesetimbangan
Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan saintifik menekankan pada hasil belajar siswa dapat meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 8 Samarinda pada materi kesetimbangan dinamis dan tetapan kesetimbangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif tipe pre-experimental design dengan bentuk desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Samarinda. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, sehingga didapatkan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu XI 1 dan XI 3 dengan jumlah keseluruhan ialah 69 siswa. Data diambil menggunakan teknik tes berupa soal tes (pretest dan posttest) dan teknik non tes berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test siswa sebesar 77,22 dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran ialah 84% dengan kategori sangat baik.
Adapun nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,74% kategori tinggi dan nilai effect size ialah 11,34 kategori besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dengan pendekatan saintifik efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 8 Samarinda
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 8 Samarinda pada Materi Kesetimbangan Dinamis dan Tetapan Kesetimbangan |
---|---|
Pengarang | Zakiyah Ayu Noor Izzati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ZAK e 2024 |
Subyek | Model Pembelajaran NHT, Pendekatan Saintifik, Hasi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY