Detail Cantuman Kembali
OKTAVIA TRI ANGGRAINI - Personal Name

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL - LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (SP4N-LAPOR!) DALAM PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA SAMARINDA

Oktavia Tri Anggraini, Efektivitas Penggunaan Aplikasi Sistem PengelolaanPengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan OnlineRakyat (SP4N-LAPOR!) dalam Penanganan Pengaduan Masyarakat di DinasKomunikasi dan Informatika Kota Samarinda dibawah bimbingan Bapak Dr.Bambang Irawan , M.Si.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan dari Aplikasi SP4N-LAPOR! dalam menangani pengaduan masyarakat sertamengidentifikasi faktor penghambat dalam menjalankan aplikasi tersebut di Kota Samarinda. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metodedeskriptif. Indikator yang digunakan untuk mengukur efektivitas dalam penelitianini yaitu produksi, efisiensi, kepuasan, adaptasi dan keberlangsungan hidup.Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas penggunaan aplikasi SP4N-LAPOR! pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda berjalancukup baik namun belum maksimal. Pada tingkat produksi semua laporan yangmasuk diselesaikan dengan baik sesuai dengan SOP, namun terdapat kelambatantindaklanjut dari OPD pelaksana yang memengaruhi keefisienan aplikasi ini, pada kepuasan secara keseluruhan fasilitas yang digunakan oleh pihak pengelola sangatmemadai hanya saja terdapat laporan aduan secara berulang dikarenakanperbedaan pemahaman antara masyarakat dan sistem aplikasi, adaptasi pemerintahpengelola pada sistem berjalan secara baik, keberlangsungan hidup aplikasisebagai layanan aduan belum cukup efektif ditandai dengan rendahnya kelompok sasaran. Faktor penghambat dalam penggunaan aplikasi ini adalah kurangnyapemahaman masyarakat tentang bagaimana seharusnya aplikasi ini berjalan,admin penghubung dari beberapa OPD yang silih berganti menyebabkan sulituntuk berkoordinasi dan tidak ada anggaran khusus untuk melakukan sosialisasikepada masyarakat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL - LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (SP4N-LAPOR!) DALAM PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA SAMARINDA
Pengarang OKTAVIA TRI ANGGRAINI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI OKT e 2023
Subyek Pengaduan Masyarakat
Pengelolaan Pengaduan
SP4N-LAPOR!
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ADMINISTRASI PUBLIK
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua