Detail Cantuman Kembali

OPTIMASI METODE CITRIC ACID-GLYCEROL BASED MICROWAVE-ASSISTED EXTRACTION UNTUK EKSTRAKSI POLIFENOL TOTAL DARI BAWANG DAYAK (Eleutherine bulbosa [Mill.] Urb.)

Bawang dayak dipergunakan masyarakat lokal sebagai obat berbagai jenis penyakit. Metode Microwave Assisted Extraction (MAE) berbasis pelarut yang ramah lingkungan seperti NADES asam sitrat-gliserol mulai banyak dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode citric acid-glycerol based microwave assisted extraction (MAE) terhadap ekstraksi polifenol total dari umbi bawang dayak yang dioptimasi menggunakan Response Surface Methodology (RSM). Simplisia diekstraksi menggunakan pelarut NADES (asam sitrat-gliserol) dengan perbandingan 1:1; 1:2; dan 1:3 g/g, waktu ekstraksi 15, 20, dan 25 menit, kekuatan microwave 10, 30, dan 50% dengan rasio sampel dan pelarut sebesar 1:10; 1:12; dan 1:14 g/mL. Larutan ekstrak yang diperoleh dilakukan penentuan kadar polifenol total menggunakan reagen Folin-Ciocalteu dan absorbansinya diukur menggunakan spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang 772 nm. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kadar polifenol total yang paling optimum sebesar 84,653 ± 0,916 mgGAE/g. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan metode citric acidglycerol based microwave assisted extraction (MAE) yang dioptimasi dengan RSM melalui variasi parameter yang digunakan, dapat mempengaruhi kadar polifenol total dari umbi bawang dayak secara mudah dan efektif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul OPTIMASI METODE CITRIC ACID-GLYCEROL BASED MICROWAVE-ASSISTED EXTRACTION UNTUK EKSTRAKSI POLIFENOL TOTAL DARI BAWANG DAYAK (Eleutherine bulbosa [Mill.] Urb.)
Pengarang SELIANA OKLIVIA PRAZITYA SHAKTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SEL O
Subyek Response Surface Methodology
umbi bawang dayak
microwave assisted extraction
kadar polifenol total
natural deep eutectic solvent
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan S1 FARMASI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua