HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN KEJENUHAN BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI SAMARINDA
Sistem pembelajaran daring menimbulkan kejenuhan belajar yang tinggi pada siswa karena metode pembelajaran yang monoton hanya terpaku pada layar gadget. Rasa jenuh tersebut dapat diatasi jika siswa memiliki regulasi emosi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik ada atau tidaknya hubungan regulasi emosi dengan kejenuhan belajar selama masa pembelajaran daring pada siswa SMA Negeri di Samarinda yang dirancang menggunakan uji korelasional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 160 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala kejenuhan belajar dengan nilai reliabilitas = 0.884 dan skala regulasi emosi dengan nilai reliabilitas = 0.846. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Kendall’s Tau. Hasil penelitian menunjukkan nilai r hitung = -0.457 dan p = 0.000 < 0.05. Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara regulasi emosi dengan kejenuhan belajar selama pembelajaran daring. Artinya, semakin tinggi regulasi emosi, maka semakin rendah kejenuhan belajar pada siswa SMA Negeri di Kota Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN KEJENUHAN BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | EVITA FASHA NANDA MARALA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI EVI h 2023 |
Subyek | REGULASI EMOSI kejenuhan belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | PSIKOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY