PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELAS X (MATERI STRUKTUR ATOM)
Kimia merupakan salah satu materi pembelajaran yang masih dianggap sukar oleh siswa sehingga siswa sulit untuk memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Oleh karena itu, dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa agar dapat memahami materi dengan baik yaitu pemberian tugas terstruktur berdasarkan taksonomi Bloom. Tugas terstruktur berdasarkan taksonomi Bloom adalah tugas yang diberikan kepada peserta didik secara terencana yang berdasarkan pada jenjang atau tingkat kesukaran taksonomi yaitu C1, C2, C3, C4, C5 dan C6. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Samarinda. Sampel ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu Kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dengan pemberian tugas terstruktur dan kelas X-10 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah uji homogenitas dan uji t untuk kedua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,6 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 71,6. Berdasarkan analisis data menunjukkan terdapat pengaruh pada pemberian tugas terstruktur berdasarkan taksonomi Bloom terhadap hasil belajar kimia kelas X (materi struktur atom).
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELAS X (MATERI STRUKTUR ATOM) |
---|---|
Pengarang | Priscilia Natali Podung - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI PRI p 2023 |
Subyek | pengaruh Hasil Belajar Taksonomi Bloom Tugas Terstruktur |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY