Detail Cantuman Kembali
Kinanti Kintan Kemuning - Personal Name

Implementasi Metode Association Rule Menggunakan Algoritma FP-Growth Untuk Menentukan Pola Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kasus: Toko Kosmetik JUST.BLOOMSHOP Tanjung Tabalong)

Algoritma FP-Growth merupakan algoritma yang digunakan untuk menentukan himpunan data yang paling sering muncul dalam sebuah kumpulan data. Algoritma FP-Growth termasuk dalam salah satu algoritma aturan asosiasi untuk mencari pola yang sering muncul pada banyak interaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembelian produk kosmetik di toko kosmetik JUST.BLOOMSHOP Tanjung Tabalong menggunakan algoritma FP-Growth. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 195 data transaksi pembelian produk kosmetik yang diperoleh dari pengamatan langsung pada 31 Maret – 16 April 2023 di toko kosmetik JUST.BLOOMSHOP Tanjung Tabalong. Selanjutnya data transaksi diolah dengan membangun FP-Tree. Hasil perhitungan menggunakan algoritma FP-Growth dengan menetapkan nilai minimum support count sebesar 2 diperoleh sebanyak 58 frequent pattern. Adapun pola pembelian yang memiliki nilai support terbesar 10,77%, yaitu: jika konsumen membeli lipstick maka konsumen juga akan membeli serum.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Implementasi Metode Association Rule Menggunakan Algoritma FP-Growth Untuk Menentukan Pola Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kasus: Toko Kosmetik JUST.BLOOMSHOP Tanjung Tabalong)
Pengarang Kinanti Kintan Kemuning - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KIN i 2023
Subyek kosmetik
Association Rule
Algoritma FP-Growth
FP-Tree
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua