PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH DI PASAR MODERN PADA MASYARAKAT KOTA SAMARINDA
YUNIAR. Pengaruh word of mouth (wom) terhadap keputusan pembelian buahbuahan di pasar moderen Samarinda 2023. Penulisan skrispi ini dibimbing oleh Tetty Wijayanti.Word of mouth adalah komunikasi dari mulut ke mulut tentang pandangan atau penilaian terhadap suatu produk atau jasa, baik secara individu maupun kelompok yang bertujuan untuk memberikan informasi secara personal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth (wom) terhadap keputusan pembelian buah-buahan di pasar modern pada masyarakat Samarinda 2023.Penelitian ini dilakukan di pasar moderen Samarinda yaitu di mall lembusuana, Big mall, Scp, dan mall Robinson dilakukan dari bulan Januari sampai Maret 2023. Dengan pengambilan sampel 130 orang konsumen buah di pasar modern Samarinda. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kusioner yang diberikan kepada para konsumen yang telahmembeli buah di pasar modern Samarinda. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis regresi linear berganda.Selanjutnya secara keseluruhan hasil penellitian menunjukkan bahwa tradisional word of mouth (x1) yaitu talker (pembicaraan), Topic (perihal), Taking Part (partisipasi perusahaan) dan online word mouth (x2) yaitu Penyedia bantuan atau media, Perhatian terhadap konsumen lain, Membantu perusahaan,Mengekspresikan pengalaman positif, Mencari nasihat, memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian buah-buahan di pasar moderen Samarinda.Dengan demikian hipotesis pertama dan kedua dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang di dapat diketahui bahwa dari kedua variabel independen yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah online word of mouth karena nilai koefisien betanya (standardized coefficients beta = (0,762) lebih besar dari pada nilai koefisisen beta tradisonal adalah (standardized coefficients beta = (0,225).
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH DI PASAR MODERN PADA MASYARAKAT KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | YUNIAR - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YUN p 2023 |
Subyek | pengaruh word of mouth tradisional, online, keputusan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Pertanian |
Jurusan | AGRIBISNIS |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY