Detail Cantuman Kembali
Anggun Anjar Sari - Personal Name

Pengaruh Komunikasi Pemasaran di Media Sosial Instagram @pasarsegar_bpn terhadap Minat Beli Konsumen Pasar Segar Balikpapan

Komunikasi pemasaran terpadu merupakan konsep komunikasi pemasaran terbarukan yang dikembangkan guna meningkatkan keampuan perusahaan dalam menjual produk atau jasa yang dipusatkan pada sikap, motivasi, dan kebutuhan konsumen, yakni memanfaatkan media sosial sebagai salah satu cara. Media sosial yang kerap dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran adalah Instagram. Hal ini dikarenakan Instagram memiliki banyak fitur yang terus berkembang guna memudahkan manusia berkomunikasi, baik melalui pesan, caption, foto, maupun video. Memungkinkan komunikasi tidak hanya satu arah, bahkan dua arah.
Komunikasi pemasaran di media sosial Instagram kini digunakan oleh banyak perusahaan produk maupun jasa, mulai dari usaha kecil hingga skala besar, bisnis tradisional juga bisnis modern. Salah satu perusahaan yang menggunakan metode komunikasi pemasaran ini ialah Pasar Segar Balikpapan yang menjadi fokus penelitian. Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran di media sosial Instagram @pasarsegar_bpn terhadap minat beli konsumen. Indikator yang diadopsi untuk mengukur komunikasi pemasaran (X) yakni context, communication, collaborative, dan connection. Sedangkan indikator untuk mengukur minat beli (Y) menggunakan teori AIDA (attention, interest, desire, dan action). Jenis penelitian ini tergolong kuantitati eksplanatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online kepada 98 responden dari followers Instagram @pasarsegar_bpn. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Penelitian ini menyatakan bahawa komunikasi pemasaran di media sosial Instagram @pasarsegar_bpn memberikan pengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Variabel komunikasi pemasaran berpengaruh 71% terhadap variabel minat beli dengan indikator collaborative sebagai indikator dominan dan connection sebagai indikator terendah. Model regresi linier penelitian ini berupa Y=2,219 + 0,735X dengan hasil jika komunikasi pemasaran di media sosial Instagram @pasarsegar_bpn meningkat sebesar satu satuan, maka minat beli konsumen juga akan meningkat sebesar satu satuan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Komunikasi Pemasaran di Media Sosial Instagram @pasarsegar_bpn terhadap Minat Beli Konsumen Pasar Segar Balikpapan
Pengarang Anggun Anjar Sari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANG p 2023
Subyek Instagram
MEDIA SOSIAL
MINAT BELI
Komunikasi Pemasaran
pasar segar balikpapan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ilmu komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua