Detail Cantuman Kembali
AYU ANRIANI - Personal Name

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KUALITAS GETAH KARET MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTIVE BORDER APROXIMATION AREA COMPARASION (MABAC)

Tanaman karet merupakan salah satu tanaman perkebunan yang menghasilkan getah yang lebih dikenal dengan sebutan lateks. Getah atau lateks inilah yang menjadi tujuan utama budidaya tanaman karet. Budidaya tanaman karet untuk meningkatkan hasil dan kualitas getah karet yang baik harus dilakukan dengan mengolah getah karet yang benar. Pengolahan getah karet pada PT. Multi Kusuma Cemerlang masih menggunakan sistem manual dalam penentuan kualitas getah karet, sehingga dapat terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan menurunnya kualitas dari getah karet. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu dalam menentukan kualitas getah karet. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem berbasis web dengan metode Multi Attributive Border Approximation Area Comparison (MABAC) untuk menentukan urutan getah karet dengan kualitas baik. Penentuan kualitas getah karet menggunakan 8 data kriteria, yaitu warna, tekstur, bentuk, kontaminasi, kadar air, masa simpan, tempat penyimpanan dan penggumpal. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode MABAC berhasil diterapkan dalam sistem pendukung keputusan untuk penentuan kualitas getah karet dengan alternatif yang memiliki kualitas baik adalah getah karet 20230223#10 dengan nilai akhir 0,1684. Hasil validasi sistem menggunakan confusion matrix unruk perbandingan antara perhitungan sistem dengan perhitungan manual didapatkan hasil akurasi sebesar 80%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KUALITAS GETAH KARET MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTIVE BORDER APROXIMATION AREA COMPARASION (MABAC)
Pengarang AYU ANRIANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AYU s 2023
Subyek Sistem Pendukung Keputusan
CONFUSION MATRIX
Getah Karet
Kebun
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan INFORMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua