Detail Cantuman Kembali
Muhammad Al Fikrie - Personal Name

BAHASA GAUL PADA TUTUTRAN SELEB TIKTOK ELMAND: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Fikrie, Muhammad Al. 2023. Bahasa Gaul pada Tuturan Seleb Tiktok Elmand: Kajian Sosiolinguistik. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Irma Surayya Hanum, S.S., M.Pd.; Pembimbing II: Purwanti, M.Hum.Penggunaan bahasa didasari berbagai macam hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari sehingga pengunaannya bervariasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui serta medeskripsikan bentuk, makna dan faktor penyebab terjadinya bahasa gaul yang dituturkan oleh Seleb Tiktok Elmand.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa tuturan. Sumber data penelitian yaitu dari aplikasi Tiktok yang digunakan oleh Seleb Tiktok bernama Elmand. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak, teknik sadap dan teknik catat. Teknik analisis data penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Selanjutnya data dianalisis menggunakan kajian sosiolinguistik yang berfokus pada penggunaan bahasa dalam kehidupan sosial.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Bentuk tuturan bahasa gaul didominasi oleh bentuk slang dan bentuk lainnya juga ditemukan seperti jargon, vulgar dan argot. (2) Makna kontekstual disebut juga makna sebenarnya hanya saja dalam bahasa gaul yang dituturkan oleh Elmand memiliki berbagai macam arti sehingga setiap kosa katanya bisa saja mengalami perubahan arti atau tetap tergantung konteks kalimatnya. (3) Ditemukan 3 faktor penyebab penggunaan bahasa gaul Seleb Tiktok Elmand yaitu Elmand sangat lancar menggunakan bahasa gaul sebab mempelajari kamus bahasa gaul, berprofesi sebagai Seleb Tiktok menjadi kesempatan bagi Elmand membuat konten-konten bahasa gaul dan Elmand memiliki 210.000 pengikut membuat bahasa gaul yang digunakan diketahui oleh penontonnya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul BAHASA GAUL PADA TUTUTRAN SELEB TIKTOK ELMAND: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
Pengarang Muhammad Al Fikrie - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH b 2023
Subyek bahasa gaul, seleb tiktok elmand, sosiolinguistik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua