Detail Cantuman Kembali
KHOIRUNNISA - Personal Name

Skrining Fitokimia dan Bioaktivitas Ekstrak Etil Asetat Hasil Fermentasi Fungi Endofit Batang Bajakah (Uncaria nervosa Elmer.)

Uncaria nervosa Elmer. atau biasa dikenal dengan Bajakah merupakan tanaman endemik Kalimantan yang dipercaya dapat mengobati kanker. Pemanfaatan mikroorganisme fungi endofit menjadi upaya dalam menjaga keberlangsungan tumbuhan yang memiliki kemampuan transfer genetik dari tanaman inangnya. Tujuan dari penenlitian ini adalah mengetahui jumlah rendemen, mendapatkan jenis metabolit sekunder yang terkandung dalam ekstrak etil asetat, dan mengetahui toksisitas isolat fungi endofit berdasarkan nilai LC50 terhadap larva Artemia salina. Metode yang digunakan adalah isolasi fungi endofit, ekstraksi fungi endofit, uji fitokimia dengan KLT dan pengujian sitotoksik dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) menggunakan hewan uji dari larva Artemia salina. Hasil karakterisasi fungi endofit isolat G1A1 diduga bergenus Rhizoctonia dan isolat G1A3 diduga bergenus Mucor sp. Jumlah rendemen isolat G1A1 dan isolat G1A3 masing-masing sebesar 0,0161% dan 0,0142%. Hasil skrining fitokimia isolat G1A1 adalah tanin dan triterpenoid. Pada isolat G1A3 mengandung triterpenoid dan flavonoid. Nilai LC50 isolat G1A1 sebesar 68,391 ppm dan pada isolat G1A3 sebesar 74,644 ppm yang bersifat toksik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Skrining Fitokimia dan Bioaktivitas Ekstrak Etil Asetat Hasil Fermentasi Fungi Endofit Batang Bajakah (Uncaria nervosa Elmer.)
Pengarang KHOIRUNNISA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KHO s 2023
Subyek Fungi endofit
BSLT
KLT
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua