Detail Cantuman Kembali
Meri Gita Oktavia - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Panas dan Perpindahannya Menggunakan Media Benda Konkret Pada Siswa Kelas V SDN 007 Long Iram

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 007 Long Iram tahun pembelajaran 2023/2024 khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA materi Panas dan Perpindahannya menggunakan media benda konkret pada siswa kelas V SDN 007 Long Iram tahun pembelajaran 2023/2024?. Maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Panas dan Perpindahannya Menggunakan Media Benda Konkret pada siswa kelas V SDN 007 Long Iram Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN 007 Long Iram berjumlah 35 siswa dan Objek penelitian ini adalah menggunakan Media Benda Konkret. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan rata-rata, presentase dan grafik.
Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata awal sebesar 62,29 meningkat menjadi 68,57 pada siklus I dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 10% dan nilai poin peningkatan sebesar 6,29. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat sebesar 77,14 dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 12,50% dengan nilai poin peningkatan 8,57. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa materi Panas dan Perpindahannya menggunakan Media Benda Konkret pada siswa kelas V SDN 007 Long Iram tahun pembelajaran 2023/2024 Meningkat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Panas dan Perpindahannya Menggunakan Media Benda Konkret Pada Siswa Kelas V SDN 007 Long Iram
Pengarang Meri Gita Oktavia - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MER p 2023
Subyek panas dan perpindahannya
Media Benda Konkret
Hasil Belajar IPA
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua