Detail Cantuman Kembali
Nur Indah Safitri - Personal Name

Optimasi Metode Lactic Acid-Glycerol Based Microwave-Assisted Extraction untuk Ekstraksi Polifenol Total Dari Bawang Dayak (Eleutherine bulbosa [Mill.] Urb.)

Bawang Dayak (Eleutherine bulbosa [Mill.] Urb.) secara turun temurun untuk mengobati berbagai penyakit seperti diabetes melitus, hipertensi, stroke, dan lainlain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode lactic acid-glycerol based microwave assisted extraction terhadap ekstraksi polifenol total dari umbi bawang dayak (Eleutherine bulbosa [Mill.] Urb.). Sebanyak 8 g sampel kering diekstraksi menggunakan pelarut (green solvent) asam laktat-gliserol dengan perbandingan 3:1, 4:1, dan 5:1 g/g dengan kondisi ekstraksi berupa kekuatan microwave 50% selama 25 menit dengan rasio sampel dan pelarut sebesar 1:14 g/mL, kemudian Larutan ekstrak yang diperoleh selanjutnya ditentukan kadar polifenol total menggunakan reagen folin ciocalteu, dan absorbansinya diukur menggunakan spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang 772 nm. Berdasarkan hasil penelitian, telah diperoleh kadar polifenol total paling optimum sebesar 49,364 mgGAE/g sampel. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode lactic acid-glycerol based microwave assisted extraction yang dioptimasi menggunakan RSM dapat menarik senyawa polifenol dari umbi bawang dayak.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Optimasi Metode Lactic Acid-Glycerol Based Microwave-Assisted Extraction untuk Ekstraksi Polifenol Total Dari Bawang Dayak (Eleutherine bulbosa [Mill.] Urb.)
Pengarang Nur Indah Safitri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR o 2023
Subyek gliserol
green solvent
asam laktat
bawang dayak (Eleutherine bulbosa [Mill.] Urb.)
microwave assisted extraction
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua