Detail Cantuman Kembali
NURUL HALIMAH - Personal Name

ANALISIS FINANSIAL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA BURUNG WALET (Aerodramus fuciphagus) (Studi Kasus : Desa Pela Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara)

Membudidayaan burung walet bukan hal yang mudah untuk dilakukan walaupun harga jual sarangnya memiliki nilai tinggi, namun tentu ada faktor yang harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung produksi, menganalisis kelayakan finansial, dan merumuskan strategi dalam usaha budidaya burung walet milik warga Desa Pela Kecamatan Kota Bangun. Untuk perhitungan produksi dan analisis finansial, pemilihan objek didasarkan pada usaha ternak yang sudah menghasilkan dan berumur ± 5 tahun. Sedangkan untuk perumusan strategi dilakukan dengan menentukan faktor internal dan eksternal dimana responden yang diambil adalah seluruh pemilik usaha ternak (metode sensus), kemudian dimasukkan kedalam matriks SWOT dan ditentukan strategi yang tepat dalam pengembangan usaha tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi pada bangunan rumah walet dengan luasan 98 m2 memiliki
produksi optimal pada tahun ke-7 dengan produksi 4,3 kg dengan produktivitas 3,66 g/m2 dan produksi maksimal sebesar 6,2 kg pada tahun ke-12 dengan produktivitas 5,27 g/m2. Sedangkan pada bangunan dengan luasan 144 m2, produksi maksimal di tahun ke-14 dengan produksi 18,5 kg dengan produktivitas 10,71 g/m2 dan produksi optimal dicapai di tahun ke9 dengan produksi 14 kg dengan produktivitas 8,10 g/m2. Usaha budidaya burung walet pada luasan 98 m2 dan 144 m2 secara finansial layak untuk diusahakan pada tingkat bunga 20% karena sesuai dengan kriteria kelayakan usaha. Pada bangunan dengan luas 98 m2, nilai NPV diperoleh sebesar Rp 28.840.000,-, Net B/C sebesar 1,62 dan IRR sebesar 29,8 %. Sedangkan untuk bangunan dengan luasan 144 m2 nilai NPV sebesar Rp 92.989.000,-, Net B/C diperoleh sebesar 1,81 dan IRR menunjukkan angka 30 %. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk pengembangan usaha budidaya burung walet di Desa Pela adalah SO dan WO.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS FINANSIAL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA BURUNG WALET (Aerodramus fuciphagus) (Studi Kasus : Desa Pela Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara)
Pengarang NURUL HALIMAH - Personal Name
No. Panggil THESIS NUR a 2021
Subyek analisis finansial, analisis SWOT, budidaya burung
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit S2 Ilmu Kehutanan
Jurusan ILMU KEHUTANAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua