Detail Cantuman Kembali

Pengaruh Naungan Plastik UV Warna Bening, Biru,Merah Terhadap Pertumbuhan Gulma dan Produksi Tanaman Tomat (Lycopersicum eaculentum L.)

Organisme pengganggu tumbuhan merupakan salah satu yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Gulma adalah tumbuhan yang mudah tumbuh pada setiap tempat yang berbeda-beda, mulai dari tempat yang miskin nutrisi sampai yang kaya nutrisi sifat inilah yang membedakan gulma dengan tanaman yang dibudidayakan. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan naungan plastik UV terhadap pertumbuhan gulma pada tanaman tomat dan mengetahui naungan plastik UV yang memberikan pertumbuhan dan produksi terbaik bagi tanaman tomat. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai April 2023 di Kelurahan Sungai Kapih, Kecamatan Sambutan, Samarinda Hilir. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan perlakuan tersebut yaitu kontrol (po), plastik UV berwarna bening (P1), plastik UV berwarna biru (P2), dan plastik UV berwarna merah (P3). Parameter yang diamati yaitu jumlah gulma, tingggi tanaman, jumlah buah, berat buah. Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan sidik ragam dan jika terdapat pengaruh yang nyata, maka dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil BNT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa naungan plastik UV bening mampu mengurangi sebaran jenis gulma pada tanaman tomat dan dapat memberikan pengaruh pada penurunan jumlah presentase jumlah gulma. Dari ke empat jenis
naungan yang menghasilkan hasil terbaik adalah naungan plastik UV berwarna bening.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Naungan Plastik UV Warna Bening, Biru,Merah Terhadap Pertumbuhan Gulma dan Produksi Tanaman Tomat (Lycopersicum eaculentum L.)
Pengarang krismasuf Natalia Elisabet Bela - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KRI p 2023 (S1)
Subyek Plastik UV, Gulma, Tomat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua