PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN PADA SISWA KELAS V SDN 007 SAMARINDA ULU
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik kelas V SD Negeri 007 Samarinda Ulu dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi zat tunggal dan campuran. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model dalam kegiatan pembelajaran yang belum berorientasi agar dapat siswa lebih aktif dalam proses belajar. Salah satu model yang dapat digunakan utuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar adalah model Project Based Learning dengan pendekatan Science Edutainment. Sehingga, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning dengan pendekatan Science Edutainment pada Materi Zat Tunggal dan Campuran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V B dan V D SD Negeri 007 Samarinda Ulu. Pada penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah sampel seluruhnya sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tes, observasi, dan dokumentasi. Sehingga, instrumen penelitiannya terdiri dari lembar pretest dan posttest, lembar observasi siswa serta pedoman dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney karena hasil penelitian yang didapatkan tidak berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil penelitian dari pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney, menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2 tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 50 sebesar 0,006. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji Mann-Whitney, jika nilai Asymp.Sig. (2-tailed) ≤ 0,05 maka H
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN PADA SISWA KELAS V SDN 007 SAMARINDA ULU |
---|---|
Pengarang | WILDAN ANANDA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WIL p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar IPA, : Model Project Based Learning Pendekatan Science Edutainment Zat Tunggal Dan Campuran. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PGSD |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY