PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI TEKANAN ZAT
Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam menghadapi tantangan dunia modern yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan problem based learning berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics dalam meningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi Tekanan Zat. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan teknik purposive sampling yang melibatkan subjek sebanyak 30 siswa kelas VIII.10 di sekolah menangah pertama yang berada di Samarinda. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan melalui instrumen penilaian berbentuk 10 soal essay pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibuktikan melalui analisis uji-t berpasangan diperoleh hasil dengan nilai signifikansinya yaitu 0,000 < 0,005 yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antar skor pretest dan posttest. Penerapan problem based learning berbasis STEM perlu dilakukan pada materi SMP lainnya untuk membentuk keterampilan berpikir kritis yang lebih komperehensif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI TEKANAN ZAT |
---|---|
Pengarang | Ayu Avira Kastiawati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AYU p 2023 |
Subyek | Problem Based Learning, STEM, Keterampilan Berpiki |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY