Detail Cantuman Kembali
KENYA KUSWANTI - Personal Name

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI MEDIA ZOOM CLOUD MEETING DAN YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI DI SMK FARMASI KELAS XI (Materi Optika Geometri dan Alat Optik)

Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan belajar di sekolah menjadi pembelajaran daring, sehingga penggunaan aplikasi menjadi perantara dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika dengan memanfaatkan aplikasi media Zoom Cloud Meeting dan Youtube dalam pembelajaran daring pada masa pandemi di SMK Farmasi Kelas XI dengan materi optika geometri dan alat-alat optik. Jenis penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Farmasi dengan jumlah sampel 10 siswa di kelas XI Farmasi A dan 10 siswa di kelas XI Farmasi B. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa 15 butir soal essai untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pengolahan data menggunakan analisis data statistik deskriptif dan uji t independent sample t-test. Hasil dari analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas XI Farmasi B yang menggunakan aplikasi media Zoom Cloud Meeting sebesar 52,00 sedangkan nilai rata-rata kelas XI Farmasi A yang menggunakan aplikasi media Youtube sebesar 67,50. Hasil hipotesis dengan uji t diperoleh bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (2,117 > 2,101) artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika kelas XI Farmasi B yang menggunakan aplikasi media Zoom Cloud Meeting dan kelas XI Farmasi A yang menggunakan aplikasi media Youtube. Hasil belajar fisika dengan menggunakan aplikasi media Youtube lebih tinggi dibanding aplikasi media Zoom Cloud Meeting, baik Zoom Cloud Meeting maupun Youtube dapat menjadi alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI MEDIA ZOOM CLOUD MEETING DAN YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI DI SMK FARMASI KELAS XI (Materi Optika Geometri dan Alat Optik)
Pengarang KENYA KUSWANTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KEN p 2023
Subyek Hasil Belajar
Zoom Cloud Meeting
youtube
Pembelajaran Daring
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua