PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 LOA JANAN (Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari)
Model pembelajaran discovery learning adalah suatu model untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri dan menyelidiki sendiri, sehingga akan diperoleh hasil yang akan bertahan lama dalam ingatan serta tidak mudah di lupakan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP dengan Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Novequivalent Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Loa Janan berjumlah 2 kelas dengan sampel sebanyak 20 peserta didik di kelas VIII A dan sebanyak 19 peserta didik di kelas VIII B. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol tanpa model pembelajaran (konvensional). Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan teknis tes berupa soal Pretest dan Posttest. Soal berupa pilihan ganda sebanyak 20 butir soal untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan sesusah diberikan perlakuan. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 81,5 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 70,0. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA Fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Loa Janan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 LOA JANAN (Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari) |
---|---|
Pengarang | SASTRIYANTI YUMI ANGRENI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAS p 2023 (S1) |
Subyek | Hasil Belajar Pembelajaran IPA Model Pembelajarn Discovery Learning |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | S1 PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY