Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Sayour (Studi Kasus di Toko Sayour Kota Bontang
NEFA AULIA. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Harapan dan Kinerja Sayour (Studi Kasus di Toko Sayour Kota Bontang). Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2023. (Bimbingan Siti Balkis dan Erwan Suriaatmaja).
Meningkatkan kepuasan pelanggan adalah bagian penting dari kelangsungan bisnis. Adanya pasar tradisional mempengaruhi persaingan antar pengusaha, sehingga setiap pengusaha berusaha untuk membuat pelanggannya puas dan loyal. Menjual sayur mayur secara online merupakan langkah maju dalam pemasaran hasil pertanian. Sayour adalah akun bisnis Instagram e-commerce untuk kebutuhan sayuran, dapur dan rumah tangga sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik konsumen Sayour di Kota Bontang, menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan Sayour di Kota Bontang, menganalisis kualitas pelayanan Sayour di Kota Bontang dan mengidentifikasi atribut yang memerlukan perbaikan.
Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian melibatkan 40 responden yang memenuhi karakteristik tujuan penelitian. Kriteria utama responden adalah konsumen berdomisili Kota Bontang yang berbelanja di Sayour lebih dari dua kali. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket atau kuesioner dalam bentuk google forms.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap harapan dan kinerja Sayour Kota hasil pengolahan data dengan menggunakan metode IPA mengungkapkan atribut yang dianggap menjadi prioritas utama untuk perbaikan yaitu atribut bersikap baik dalam melayani konsumen. CSI diperoleh nilai sebesar 88,69%. Nilai tersebut berada pada kisaran di atas 0,81 atau lebih yang berarti konsumen sangat puas.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Sayour (Studi Kasus di Toko Sayour Kota Bontang |
---|---|
Pengarang | Nefa Aulia - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NEF a 2023 |
Subyek | Kinerja Harapan e-commerce Sayour Tingkat Kepuasan Konsumen |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Pertanian |
Jurusan | Agribisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY