PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR SPASIAL SISWA SMAN 1 SENDAWAR
Berpikir spasial lekat dengan geografi karena salah satu pendekatan geografi merupakan pendekatan keruangan (spasial). Pendidik dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran geografi untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir spasial peserta didik. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui kemampuan berpikir spasial siswa SMAN 1 Sendawar, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran model problem based learning terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas XI SMAN 1 Sendawar. penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sendawar pada kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment).sampel yang digunakan peneliti berjumlah dua sample yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol Instrumen yang peneliti gunakan pada penelitian ini berupa soal pilihan ganda yang diberikan pada pretest dan juga post-test. Hasil rata-rata analisis data kuantitatif pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik pada pretest 53,06 dan posttest 73,38. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan uji-t (α = 0.05) diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. hasil uji hipotesis ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik pada materi mitigasi bencana alam.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR SPASIAL SISWA SMAN 1 SENDAWAR |
---|---|
Pengarang | agata - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AGA p 2023 |
Subyek | Problem based learning, kemampuan berpikir spasial |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | GEOGRAFI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY