ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBINAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA KEGIATAN OSIS DI SMA IT GRANADA SAMARINDA
Arinda Sariwati, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Analisis Implementasi Pembinaan Karakter Tanggung Jawab Pada Kegiatan OSIS di SMA IT Granada Samarinda, Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. A. Hardoko, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Edi Rachmad, M.Pd selaku pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis implementasi pembinaan karakter tanggung jawab dalam kegiatan OSIS di SMA IT Granada Samarinda. Karakter tanggung jawab memiliki peran yang penting dalam membentuk pribadi yang berkualitas dan bertanggung jawab dalam berbagai aspek kehidupan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualtitafif, waktu pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan, yaitu sejak bulan Maret sampai bulan Mei 2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada empat tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan upaya positif dalam mengimplementasikan pembinaan karakter tanggung jawab melalui kegiatan OSIS. Terdapat beberapa strategi yang digunakan, seperti memberikan tanggung jawab kepada anggota OSIS dalam mengatur dan melaksanakan berbagai kegiatan sekolah, termasuk acara-acara penting seperti hari besar nasional dan proyek-proyek kemanusiaan lainnya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBINAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA KEGIATAN OSIS DI SMA IT GRANADA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Arinda Sariwati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ARI a 2023 |
Subyek | tanggung jawab Implemetasi Pembinaan Karakter OSIS (Organisasi Intra Sekolah) |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY