Detail Cantuman Kembali
MARLINA - Personal Name

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Padi Sawah (Oryza Sativa L.) Di Desa Perjiwa Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kertanegara (Studi Kasus: Kelompok Tani Sumber Rukun)

Usahatani padi sawah merupakan suatu usahatani yang tidak terlepas kaitannya dengan pendapatan usahatani dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usahatani padi sawah. Untuk mencapai pendapatan yang maksimal, maka faktor-faktor yang digunakan harus dioptimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan yang akan diperoleh dari usahatani padi sawah dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usahatani padi sawah di Kelompok Tani Sumber Rukun Desa Perjiwa Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara.
Penelitian ini dilakukan di Desa Perjiwa Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara dari bulan Juli 2022 sampai September 2022. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus atau sampling jenuh dengan jumlah sampel 18 responden. Teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan langsung) dan wawancara dengan responden dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuisioner). Metode analisis data yang digunakan yaitu menghitung pendapatan, biaya produksi dan penerimaan dengan menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pendapatan yang diperoleh petani pada usahatani padi sawah rata-rata Rp 21.690.402,78 mt-1 responden-1 atau rata-rata sebesar Rp 19.252.569,44 ha-1 mt-1. Secara serempak variabel independen (luas lahan, biaya benih, biaya pupuk, biaya pestisida, dan biaya tenaga kerja) berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usahatani padi sawah. Secara parsial dengan tingkat signifikan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Padi Sawah (Oryza Sativa L.) Di Desa Perjiwa Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kertanegara (Studi Kasus: Kelompok Tani Sumber Rukun)
Pengarang MARLINA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAR a 2023
Subyek pendapatan
Usahatani Padi Sawah
FAKTOR PRODUKSI
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua