Detail Cantuman Kembali
FATMA ELA FADILA - Personal Name

KESESUAIAN PERSAMAAN-PERSAMAAN ALOMETRIK UNTUK PENDUGAAN BIOMASSA HUTAN ALAM DIPTEROKARPA DI KALIMANTAN TIMUR

Fatma Ela Fadila (1804015205). Kesesuaian Persamaan-Persamaan Alometrik untuk Pendugaan Biomassa Hutan Alam Dipterokarpa di Kalimantan Timur di
bawah bimbingan Dr. Fadjar Pambudhi dan Ariyanto, M.Sc.
Nilai diameter dapat dikonversikan menjadi biomassa atau karbon melalui persamaan alometrik. Beberapa model persamaan alometrik untuk hutan tropika, seperti hutan alam Kalimantan Timur telah disusun. Persamaan ini menunjukkan hasil yang baik ketika digunakan di lokasi penelitiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model persamaan alometrik yang paling sesuai dari ketiga persamaan yang telah ditentukan sehingga dapat digunakan secara umum untuk pendugaan biomassa hutan alam dipterokarpa di Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data diameter dan biomassa yang diperoleh dari PT. Ratah Timber dengan 18 data, PT. Hutan Sanggam Labanan Lestari dengan 40 data, KHDTK Hutan Penelitian Kecamatan Sebulu, Kalimantan Timurdengan 39 data dan PT. Rimba Karya Rayatama dengan 51 data. Data diameter diolah dan dihitung dengan menggunakan persamaan alometrik untuk mengetahui nilai biomassa estimasi. Kemudian dihitung nilai selisih antara biomassa aktual (awal) dengan biomassa estimasi (hasil perhitungan). Dilakukan analisis perbandingan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan atau tidak antara biomassa aktual dengan biomassa estimasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan model persamaan Pambudhi, TAGB = 0.2543(DBH)2..406 menujukkan hasil yang baik dimana data yang dihasilkan memenuhi ketiga kriteria sebagai persamaan yang paling sesuai sehingga dapat digunakan secara umum.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KESESUAIAN PERSAMAAN-PERSAMAAN ALOMETRIK UNTUK PENDUGAAN BIOMASSA HUTAN ALAM DIPTEROKARPA DI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang FATMA ELA FADILA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAT p 2023
Subyek Biomassa
diameter
dipterokarpa
Persamaan Alometrik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan Kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua